Mengapa Aroma Bisa Membangkitkan Kenangan?

Writtern By shantos editor

Pernah gak lo mencium aroma sesuatu lalu teringat momen tertentu atau orang tertentu?

Misal, waktu lo lagi keramas tiba-tiba lo keingat mantan lo karena aroma shampo lo sama kayak shampo yang doi pakai. Atau waktu lo lagi di jalan, dan lo papasan sama seseorang yang aroma parfumnya ngingetin lo sama suatu momen waktu lo masih kecil.

Ternyata nggak cuma satu atau dua orang aja lho Guys yang ngalamin hal serupa. Hampir setiap orang pernah ngalamin hal itu.

Benar nggak sih aroma dapat membangkitkan memori seseorang tentang suatu hal?

Ternyata, pengaruh aroma terhadap memori memang sangat kuat. Hal ini dipengaruhi oleh letak indra penciuman yang berhubungan dengan sistem limbik di otak.

Indra penciuman adalah satu-satunya indra yang paling dekat dengan memori dan emosi. Sistem limbik di otak memiliki dua area yang paling penting yang bertanggung jawab pada memori dan fungsi emosi.

Inilah sebabnya, aroma bikin kita mengingat suatu kenangan atau seseorang saat mencium aroma tertentu.

Makanya, nggak heran kalau banyak orang yang pakai satu wewangian tertentu dalam jangka waktu yang panjang supaya dia memiliki karakter khusus yang bedain dia dengan orang lain, yang biasa disebut dengan signature scent.

Aroma yang dipilih seseorang mencerminkan karakter personalnya sehingga unik dan akan dipakai terus-menerus agar orang lain mengingat wanginya.

Ajaibnya lagi Guys, efek membangkitkan memori yang ditimbulkan oleh wewangian nggak punya batasan waktu. Artinya seseorang dapat mengingat memori yang ditimbulkan oleh wewangian tersebut seumur hidupnya.